Monitoring Protokol Arp Pada Wireshark

Open Systems Interconnection Model atau OSI Model merupakan kerangka budi terstruktur yang mengatur proses komunikasi data pada jaringan. Hal ini bertujuan agar komputer mampu berkomunikasi pada jaringan yang berbeda secara efisien.



Pada OSI model terdapat 7 Layer. Setiap Layer bertanggung jawab secara khusus pada proses komunikasi data. Model Layer OSI dibagi dalam dua group yakni Upper Layer dan Lower Layer. Upper Layer terdiri dari Application, Presentation dan Session. Sedangkan Lower Layer terdiri dari Transport, Network, Data Link dan Physical.



ARP,  Address Resolution Protocol yakni protokol untuk mapping dari alamat IP (Internet Protocol) ke alamat fisik MAC (Media Access Control). Misal di suatu jaringan kita ingin mengirim paket ke host A 192.168.1.2, maka pertama kita harus tau sapa yg mempunyai alamat IP tsb. Maka ARP akan membroadcast pertanyaan tsb ke semua host yang ada di jaringan. Sang empunya alamat IP tsb akan menjawab kembali sahutan tsb dengan mengirimkan alamat MACnya. Alamat MAC ini akan disimpan di tabel ARP untuk memudahkan pencarian jikalau dibutuhkan pengiriman paket ke tujuan yang sama. Dalam duduk kasus perkara penjelajahan situs internet (misal, www.google.com) maka proses transmisi ARP harus dilakukan terlebih dahulu sebelum proses transmisi HTTP dimulai.  Mari simak simulasi monitoring protokol ARP pada Wireshark.



Download Tulisan Lengkap: monitoring-protkol-arp-pada-wireshark-lutfi.pdf



 



Sumber https://ilmukomputer.org/


Popular posts from this blog

Membuat Aplikasi Perpustakaan Dengan Java Netbeans

Cara Run C++ Di Sublime Text

Cara Redirect Php