Menyisipkan Business Logic Ketika Record Ditambah Di Aplikasi Web Dari Phpmaker

Salah satu kunci sukses dalam pembangunan sebuah Aplikasi Web ialah bagaimana Web Developer mampu menerapkan business logic dengan praktis dan cepat tanpa harus disibukkan lagi dengan urusan teknis ibarat menulis instruksi yang mampu mencapai ratusan atau ribuan baris. Artinya, Web Developer sebaiknya cukup fokus untuk menterjemahkan business logic ke dalam beberapa baris instruksi saja.



PHPMaker sebagai Tools PHP Code Generator telah menyediakan fitur Server Events yang memungkinkan Web Developer mampu menyisipkan hanya beberapa baris instruksi saja ke dalam Aplikasi Web yang dihasilkan olehnya. Artinya, Web Developer tidak perlu menulis instruksi secara langsung ke dalam file script yang sudah di-generate oleh PHPMaker di sisi Aplikasi Web. Web Developer cukup hanya menulis sedikit instruksi saja dari dalam project PHPMaker.



Katakanlah di Aplikasi Web yang Anda bangun dengan PHPMaker, Anda tidak ingin membebani Pengguna untuk mengisi data jam. Anda ingin agar sistem otomatis melengkapi data tanggal yang sudah dimasukkan Pengguna saat menambah Record baru dengan data jam awal dan jam simpulan di masing-masing field Date_Start dan Date_End. Untuk mengimplementasikan hal ini, maka Anda sebagai Web Developer cukup menambahkan dua baris instruksi ini saja ke dalam server event Row_Inserting:



$rsnew["Date_Start"] = $rsnew["Date_Start"]." 00:00:01";


$rsnew["Date_End"] = $rsnew["Date_End"]." 23:59:59";




sehingga selengkapnya instruksi yang terdapat di dalam server event Row_Inserting tadi menjadi ibarat ini:



function Row_Inserting($rsold, &$rsnew) {


// Enter your code here


// To cancel, set return value to FALSE



$rsnew["Date_Start"] = $rsnew["Date_Start"]." 00:00:01";


$rsnew["Date_End"] = $rsnew["Date_End"]." 23:59:59";



return TRUE;


}




Setelah itu, pastikan Anda menyimpan perubahan ini di project PHPMaker Anda, kemudian generate ulang semua file script dari sisi PHPMaker. Ya, hanya begitu saja!



Betapa praktis dan cepatnya, bukan? ?



Contoh-contoh kasus penggunaan Server Events untuk penerapan business-logic lainnya mampu Anda lihat melalui website Masino Sinaga.



Sumber https://ilmukomputer.org/


Popular posts from this blog

Membuat Aplikasi Perpustakaan Dengan Java Netbeans

Cara Run C++ Di Sublime Text

Cara Redirect Php