Mengenal User Id Security Di Phpmaker

User ID; dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai ID Pengguna. Di PHPMaker, User ID merupakan ID atau identitas yang mengambarkan apakah sebuah Record mampu diakses oleh Pengguna.



User ID di PHPMaker mengamankan data pada level Record. Tabel yang dilindungi harus memiliki sebuah field yang berisi data User ID untuk mengambarkan apakah sebuah Record milik seorang Pengguna atau bukan.



Ketika User ID diaktifkan di project PHPMaker Anda, maka Pengguna yang terkait dengan data User ID itu saja yang mampu mengakses data tersebut.



Nama field User ID mampu berbeda di semua tabel. Artinya, jikalau di tabel A nama field yang menyimpan data User ID tersebut ialah ID_Pengguna, maka di tabel B mampu menggunakan nama field ID_User. Meskipun demikian, disarankan untuk menggunakan nama field yang sama, semoga lebih simpel dikenali dan tidak membingungkan antara satu tabel dengan tabel lainnya.



Pengaturan User ID Security ini mampu Anda lihat dari sajian Security -> tombol Advanced -> User ID dalam project PHPMaker Anda.



Anda mampu melihat bahwa di sana ada dua parameter tersedia yang terkait dengan User ID. Yang pertama ialah User ID Field ialah field User ID, dan yang kedua ialah Parent User ID Field.



Field Parent User ID menyimpan data Induk Pengguna daerah dari User ID. Baik field User ID maupun field Parent User ID, harus terdapat di tabel users. Tabel users ialah tabel daerah menyimpan data Pengguna yang juga mampu digunakan untuk memverifikasi Login Pengguna.



Sebagai contoh, Pengguna A mampu berperan sebagai Manager di mana para Karyawan bawahannya (B, C, dan D) melapor kepada A. Dalam hal ini, maka Anda mampu memilih Parent User ID untuk Pengguna A. Dampaknya, Pengguna A mampu memodifikasi Record-record milik Pengguna yang berada di bawahnya (Record-record milik B, C, dan D).



Secara standar, kedua pengaturan Field tadi dinonaktifkan di project PHPMaker Anda. Sebagai Web Developer, Anda mampu menggunakan User ID saja, tanpa mengaktifkan Parent User ID. Atau mengaktifkan kedua-duanya.



Selain membatasi hak kanal Record kepada Pengguna berdasarkan data User ID, PHPMaker menyediakan fleksibilitas untuk menampilkan data atau Record milik Pengguna lain dari pengaturan ini. Cukup Anda aktifkan pada object Table di kolom Allow View All. Hal ini bersifat opsional. Kadang-kadang, kebutuhan ini dibutuhkan bagi Pengguna tertentu yang mampu melihat Record lain, tapi tidak mampu melakukan operasi Tambah, Ubah, dan Hapus.



Sebagai penutup gesekan pena ini, perlu Anda ketahui, bahwa hanya Pengguna dengan level Administrator yang mampu mengelola data User ID dan Parent User ID.



Sumber https://ilmukomputer.org/


Popular posts from this blog

Membuat Aplikasi Perpustakaan Dengan Java Netbeans

Cara Run C++ Di Sublime Text

Cara Redirect Php