Mengenal Custom Templates Di Phpmaker

Setelah membahas Server Events dan Client Scripts di dua artikel saya sebelumnya, di artikel ini kita akan membahas mengenai Custom Templates di PHPMaker.



Apa itu Custom Templates? Seperti namanya, maka definisinya yakni Templates yang bersifat Custom atau mampu dikostumisasi. Template yang mampu diubah atau diatur dengan cara menimpa Template bawaan asli PHPMaker. Web Developer mampu menghasilkan Template yang Custom tadi tanpa harus mengubah secara langsung isyarat di dalam file Template PHPMaker.



Harap dibedakan bahwa istilah Custom Templates tidak sama dengan Customizing Templates. Pengertian Customizing Templates di PHPMaker berarti suatu program yang dilakukan oleh Web Developer untuk mengkostumisasi isyarat yang berada di dalam file Template yang digunakan oleh PHPMaker. Dalam hal ini, Web Developer harus mengubah isyarat Template yang digunakan oleh PHPMaker.



Sedangkan Custom Templates artinya template yang tampilannya mampu dikostumisasi dari dalam project PHPMaker. Web Developer sama sekali tidak mengubah secara langsung file Template, tapi cukup hanya menambahkan isyarat ke dalam belahan Custom Templates yang melekat kepada setiap object Table maupun View yang digunakan oleh PHPMaker. Dengan cara ini, maka layout standar di sebuah halaman tertentu yang dihasilkan oleh PHPMaker mampu ditimpa dengan isyarat yang ditulis oleh Web Developer dari dalam project.



Latar belakang disediakannya fitur Custom Templates di PHPMaker yakni alasannya ialah tidak semua Web Developer mau menggunakan tampilan atau layout yang disediakan oleh PHPMaker di sebuah halaman. Artinya, PHPMaker lagi-lagi memberi kesempatan kepada Web Developer untuk menggunakan layout yang diinginkannya sesuai dengan kebutuhan.



Contoh, secara standar halaman Add, Edit, View, Update, dan Search menggunakan layout satu kolom saja. Artinya, setiap Field akan menempati satu baris. Field pertama akan berada pada baris paling atas, dan Field terakhir berada pada baris paling bawah.



Web Developer mampu mengubah layout tersebut menjadi dua kolom, misalnya dalam satu Form terdapat 12 Field, maka sesudah dibagi dua akan terdapat 6 Field pertama di kolom sebelah kiri, sedangkan 6 Field terakhir akan berada di kolom sebelah kanan. Web Developer cukup menulis isyarat HTML yang dikombinasikan dengan tag untuk menerima data dari Field terkait di belahan Custom Templates.



Demikian juga misalnya dengan halaman List. PHPMaker menggunakan layout tabel yang standar menyerupai yang selama ini sering kita lihat. Baris paling atas yang terdiri hanya satu baris merupakan judul dari setiap kolom di tabel tersebut, kemudian diikuti dengan baris data; di mana setiap Record ditampilkan masing-masing dalam satu baris.



Web Developer mampu mengubah layout tabel yang standar tadi menjadi misalnya judul tabel terdiri dari dua baris, sehingga lebar tabel mampu lebih dihemat. Tentu saja, hal ini akan diikuti dengan baris datanya. Setiap Record juga akan menjadi masing-masing terdiri dari dua baris mengikuti judul tabel di atasnya.



Untuk isu lebih lengkap dan teknis beserta contoh-contoh penggunaan Custom Templates, Anda mampu membaca topik Custom Templates yang sudah disediakan dari sajian Help aplikasi PHPMaker.



Sumber https://ilmukomputer.org/


Popular posts from this blog

Membuat Aplikasi Perpustakaan Dengan Java Netbeans

Cara Run C++ Di Sublime Text

Cara Redirect Php