Menangani Hak Jalan Masuk Untuk Anonymous User Dari Phpmaker

PHPMaker sebagai Tools PHP Code Generator menyediakan beberapa pengaturan keamanan (Security) tingkat lanjut. Salah satu di antaranya yakni pengaturan hak susukan untuk Anonymous User. Fitur ini mengijinkan Web Developer mengatur hak susukan bagi Pengguna yang belum login ke Aplikasi Web (guest user).



Untuk mengakses pengaturan ini dari dalam project PHPMaker, klik menu Security, lalu klik tombol Advanced, lalu klik item Anonymous User pada jendela Advanced Security. Di kepingan sebelah kanan Anda mampu melihat daftar berupa matriks yang mengandung semua object yang terdapat di project PHPMaker Anda disertai dengan fungsi atau hak susukan yang mampu Anda tentukan. Fungsi-fungsi tersebut adalah: Add/Copy, Delete, Edit, List, Search, dan View.



Untuk menunjukkan hak akses, maka Anda cukup memberi tanda centang pada object dan fungsi tertentu supaya Pengguna dengan level Anonymous User tadi mampu mengakses halaman atau fungsi tersebut di Aplikasi Web Anda. Setelah itu, klik tombol OK, lalu generate ulang semua file script dari PHPMaker menyerupai biasa.



Tergantung pada fungsi-fungsi yang Anda aktifkan untuk object tertentu dari project PHPMaker Anda, maka PHPMaker akan menghasilkan file-file script untuk Aplikasi Web Anda sesuai dengan pengaturan tersebut. Jadi, sekalipun Anda misalnya menunjukkan hak susukan Edit pada sebuah object, tapi pengaturan halaman Edit tidak Anda aktifkan untuk object tersebut, maka Pengguna tidak akan pernah mampu menggunakan fungsi Edit yang bertalian.



Biasanya, fitur Anonymous User sering digunakan hanya untuk menunjukkan hak susukan ke halaman List, View, dan Search saja. Artinya, Pengguna yang belum login hanya mampu mengakses ketiga halaman tersebut pada object tertentu yang Anda berikan dari pengaturan di atas tadi.



Fungsi-fungsi menyerupai Add/Copy, Edit, dan Delete tidak diaktifkan di menu Anonymous User, lantaran yakni fungsi-fungsi ini biasanya hanya diberikan kepada Pengguna yang sudah berhasil login ke Aplikasi Web.



Sumber https://ilmukomputer.org/


Popular posts from this blog

Membuat Aplikasi Perpustakaan Dengan Java Netbeans

Cara Run C++ Di Sublime Text

Cara Redirect Php