Bagaimana Phpmaker Menangani Security Di Aplikasi Web?

Security merupakan salah satu faktor penting yang wajib diperhatikan oleh setiap Web Developer dikala membangun sebuah Aplikasi Web. Fitur ini mampu membatasi hak akses sebuah halaman kepada Pengguna dengan level tertentu, atau membatasi aksi tertentu yang mampu dilakukan oleh Pengguna di dalam sebuah halaman.



PHPMaker menangani Security di Aplikasi Web yang dihasilkannya dengan sangat baik. Fitur ini bahkan terintegrasi ke semua halaman yang dibangkitkannya. Jika Anda menggunakan PHPMaker dalam membangun Aplikasi Web, maka Anda mampu menentukan beberapa pengaturan keamanan Aplikasi Web Anda melalui sajian Security.



Dari sajian Security tadi, tersedia pilihan apakah ingin menggunakan akun Admin untuk mengatur fitur keamanan langsung dari sisi Aplikasi Web. Di samping itu, PHPMaker juga memberi kesempatan kepada Web Developer untuk menggunakan tabel users yang sudah dibuat sebelumnya, semoga dikala proses validasi Login Pengguna mengacu kepada tabel tersebut.



PHPMaker bahkan sudah menyediakan pilihan Advanced Security yang memungkinkan Web Developer mampu menentukan beberapa pengaturan keamanan Aplikasi Web tingkat lanjutan atau yang lebih detail lagi. Beberapa di antaranya adalah:




  • Anonymous User, untuk menawarkan hak akses halaman tertentu kepada Pengguna level Guest atau pengunjung biasa yang tidak login.


  • User ID, untuk membatasi hak akses Pengguna terhadap sebuah halaman/tabel berdasarkan data ID Pengguna yang terdapat di setiap tabel. Fitur ini memungkinkan untuk membatasi record tertentu hanya mampu dilihat oleh Pengguna tertentu.


  • User Levels, ini seperti dengan User Group untuk mengelompokkan satu dan atau beberapa Pengguna pada satu kelompok tertentu.


  • User Login Options, berisi beberapa pilihan yang tersedia di halaman Login, Registrasi User, Change Password, Forgot Password, dan beberapa pengaturan terkait lainnya.



Sekilas, fitur-fitur ini kelihatan sederhana, lantaran yaitu dikelompokkan hanya ke dalam empat point itu saja. Tapi sesungguhnya, ada banyak fitur-fitur lainnya di dalam setiap point tadi yang layak untuk diketahui dan sayang bila tidak dioptimalkan oleh Web Developer. Fitur-fitur tersebut akan kita bahas lebih detail lagi pada beberapa artikel saya mendatang.



Berdasarkan pengalaman Penulis, fitur Security yang disediakan oleh PHPMaker sudah sangat membantu Web Developer dalam mengimplementasikan keamanan Aplikasi Web yang dibangunnya. Bahkan, fitur ini mampu dijadikan sebagai aliran bagi Web Developer pemula yang masih awam atau buta sama sekali dengan fitur keamanan yang wajib ada di dalam Aplikasi Web.



Sumber https://ilmukomputer.org/


Popular posts from this blog

Membuat Aplikasi Perpustakaan Dengan Java Netbeans

Cara Run C++ Di Sublime Text

Cara Redirect Php